Cara Ampuh Mendisiplinkan Anak Tanpa Harus Marah Dan Main Fisik

dailyxpressnews.com – Dalam mengurus anak sering kali sebagai orang tua harus tegas, memberi tahu dan menunjukkan mana yang benar dan mana yang tidak boleh dilakukan ke orang lain. Oleh karena itu mendisiplinkan anak merupakan kunci penting dalam masa pertumbuhannya, mendisiplinkan anak berbeda dengan menghukum mereka, buat orang tua yang masih menghukum menggunakan fisik, sebaiknya berhenti melakukan hal tersebut. Hukuman fisik benar-benar tidak efektif sama sekali untuk anak, berikut ini ada beberapa cara ampuh mendisiplinkan anak tanpa ada kekerasan fisik.

Cara Ampuh Mendisiplinkan Anak Tanpa Ada Kekerasan Fisik

Cara-Ampuh-Mendisiplinkan-Anak

Time Out

Cara pertama yang perlu diperhatikan Time Out, jika si kecil berbuat kenakalan yang tidak bisa diterima coba untuk membuatkan tempat khusus untuk mereka menyendiri. Pisahkan anak dari saudara-saudaranya dan suruh untuk duduk merenung sendiri di kamarnya, time out ini mengajarkan anak untuk menenangkan dirinya sekaligus membeli waktu untuk memikirkan kembali perbuatannya.

Saat si kecil diberi waktu sendiri, mereka akan belajar untuk memahami apa dan di mana letak kesalahannya, dia akan dengan leluasa dapat mengekspresikan emosinya dan cenderung tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi di masa depan.

Ambil Privilagenya

Cara ampuh mendisiplinkan anak yang selanjutnya dengan mengambil privilege nya, tujuan dari menghukum dan mendisiplinkan bukan untuk membuat mereka jadi benar-benar akan nurut denganmu, tapi untuk membantu mereka mengambil keputusan yang lebih baik.

Kamu dapat coba mendisiplinkan mereka dengan mengambil privillagenya setiap kali mereka berbuat kesalahan, misalnya saat anak berbuat salah jangan biarkan mereka bermain gadget selama seharian penuh. Tapi tekankan kembali kalu setelah merenungkan perbuatannya, anak baru bisa kembali bermain dengan gadgetnya, kalau dibiasakan seperti anak lama kelamaan bisa tahu mana yang salah dan mana yang benar

Berikan Hadiah Untuk Anak Saat Berbuat Baik

Selanjutnya orang tua juga perlu memberikan hadiah untuk anak saat dia berbuat baik. Ketika si kecil berhasil berlaku dengan baik, misalnya ingin mengalah dengan saudaranya, pastikan untuk memberikan anak hadiah, tidak harus hal besar, kamu bisa memberikan pujian atas perbuatan baiknya, atau belikan makanan kesukaannya atau es krim.

Memuji mereka dengan lantang di depan anak lain juga bisa membuat mereka belajar untuk berbuat baik, tidak harus setiap hari memberikan hadiah untuk anak, orang tua bisa memberikan hadiah dalam waktu seminggu sekali setelah anak berbuat kebaikan. Hadiah ini akan membantu si kecil jadi fokus kembali melakukan hal yang baik-baik.

Pahami Kapan Kamu Perlu Merespon

Cara mendisiplinkan anak yang selanjutnya pahami kapan kamu harus merespon anak, perlu diketahui tidak semua perilaku anak harus kamu respon. Untuk hal-hal yang tidak berbahaya sebaiknya biarkan anak merasakan konsekuensi perbuatannya sendiri, mengabaikan perilaku buruk ini bisa jadi jalan yang efektif untuk si kecil belajar.

Misalnya si kecil terus menerus melempar makannya, kamu tidak perlu menghentikannya, biarkan saja sampai makanan yang ada di piring tersebut habis. Anak akan belajar kalau dia terus berbuat seperti itu, dia gak akan bisa makan, dia juga akan belajar untuk tidak melempar-lempar makanannya selama waktu makan.

Memberitahu Dengan Jelas Apa Yang Kamu Mau

Terkadang menghukum si kecil atas perbuatannya saja tidak akan dengan ajaib langsung membuat mereka sadar kalau perbuatannya tersebut salah. Kamu harus memberitahu dengan jelas apa yang kamu harapkan dari si kecil, dengan cara memberitahu si kecil apa yang kamu harapkan akan lebih efektif dibanding memberitahu apa yang tidak boleh mereka lakukan.

Jadi berhenti bilang ke anak untuk jangan berbuat kekacauan, lebih baik suruh anak untuk mulai membereskan mainannya, beritahu apa yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan si kecil. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mendisiplinkan anak, sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban kita untuk membesarkan si kecil dan membentuk pribadinya menjadi orang yang baik. Tanpa harus menggunakan kekerasan fisik anak bisa belajar untuk disiplin, justru dengan kekerasan fisik akan memberikan trauma untuknya.

Itulah ulasan mengenai cara ampuh mendisiplinkan anak. Menjadi orang tua yang baik, sangat berdampak pada tumbuh kembang buah hati.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Tips Tepat Hadapi Quarter Life Crisis, Yuk Bangkit!

dailyxpressnews.com - Tumbuh menjadi dewasa memang bukan hal yang mudah, gak jarang kita menemukan kenyataan yang tidak sejalan dan terkadang baru disadari ketika menginjak...

Wajib Terapkan! Inilah Berbagai Hal Etika Baik Gunakan Toilet Umum!

dailyxpressnews.com - Kamu yang suka berpergian atau melakukan travelling ke manapun pasti selalu membawa etika yang baik dimanapun kamu berada sebagai basic menor sekalipun...

Manfaat Mengkonsumsi Teratai Untuk Tubuh, Sudah Tahu Belum?

dailyxpressnews.com - Siapa yang tidak tahu teratai, teratai merupakan tanaman akuatik yang biasa tumbuh di kolan atau danau, tanaman ini dikenal karena memiliki bunga...