Bukan Mitos! Berikut Ini Info Jamu Pelancar Haid, Perempuan Wajib Tahu

dailyxpressnews.com – Pernah merasa haid tidak lancar dan disarankan untuk mengkonsumsi jamu pelancar haid? Jamu adalah minuman kesehatan yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia, baik sebagai cara untuk menjaga kesehatan maupun mengatasi gangguan kesehatan tertentu. Ternyata jamu juga cukup banyak dikonsumsi perempuan untuk melancarkan haid atau menstruasi, mungkin sebagian dari kamu merasa kalau hal ini sebuah mitos. Tapi nyatanya hal ini memiliki efek yang cukup besar untuk melancarkan haid, berikut ini ada beberapa info mengenai jamu untuk pelancar haid yang wajib kamu ketahui.

Info Jamu Pelancar Haid Yang Wajib Kamu KetahuiJamu-Pelancar-Haid

  1. Jamu Pelancar Haid Ada Berbagai Jenis
    Sebelum atau ketika kamu menstruasi, pastinya akan mengalami keluhan yang sering terjadi, seperti kram perut atau nyeri haid. Untuk meredakan ini, ada banyak yang mengandalkan berbagai macam bahan tradisional hingga bahan alami untuk meringankan rasa sakit saat datang bulan. Beberapa makanan maupun bahan yang sering digunakan untuk melancarkan haid yaitu Pepaya, Nanas, Wortel, Jae, Cuka Apel, Kunyit, dan juga Kayu Manis.

  2. Khasiat Juga Termasuk Melancarkan Siklus Haid Kamu
    Beberapa bahan yang sebelumnya sudah disebutkan biasa digunakan untuk jamu pelancar haid, bahan yang sudah disebutkan sebelumnya tentunya memiliki khasiat. Seperti Kayu Manis yang memiliki kandungan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, hormone insulin iniĀ  sendiri dikaitkan dengan siklus haid dan mampu untuk meredakan gejala kram perut yang dialami ketika sedang datang bulan. Tidak hanya itu saja, ada juga cuka apel yang bisa dimanfaatkan untuk campuran jamu dan bisa meredakan perut kram saat haid, sebuah penelitian mengatakan ada asosiasi yang cukup kuat antara cuka apel dengan sindrom ovarium polikistik atau PCOS yang mana merupakan kondisi yang dapat menganggu kelancaran siklus menstruasi perempuan.

  3. Bisa Mencegah Kehamilan
    Namun ada juga efek lain yang bisa didapat dari mengkonsumsi jamu untuk melancarkan haid, yaitu adanya kemampuan untuk mencegah kehamilan. Tidak hanya untuk perempuan, namun juga untuk laki-laki, menurut sebuah penelitian, kunyit yang digunakan untuk membuat jamu ini memiliki kendungan zat diferuloylmethane yang akan memengaruhi fungsiĀ  sperma. Penelitian ini dilakukan dengan meneteskan ekstrak kunyit ke sampel spermal, hasilnya, kecepatan gerak renang terlihat lebih terhambat, tapi jika ini diberikan dalam konsentrasi yang tinggi kemungkinan sperma bisa mati dengan cepat dan menyebabkan tidak terjadinya kehamilan. Sedangkan untuk perempuan kunyit ini dapat menghambar pematangan sel telur atau ovulasi.

  4. Jamu Pelancar Haid Bisa Jadi Alat Aborsi?
    Yang selanjutnya yaitu, ada yang pernah mengatakan kalau jamu untuk pelancar haid bisa menjadi alat aborsi. Ada beberapa pemberitaan kalau jamu yang biasanya digunakna untuk melancarkan haid sering disalahgunakan sebagai alat untuk aborsi atau untuk menggugurkan kandungan. Memang ada khasiat dari beberapa bahan jamu untuk mencegah kehamilan, tapi untuk aborsi itu hanya mitos! Memang dokter tidak merekomendasikan jamu pelancar haid untuk dikonsumsi ketika sedang hami, alasannya karena meskipun jamu tersebut terbuat dari bahan alami. Namun tetap saja tidak pernah ada uji klinis, sehingga dampak dan keamannya akan dipertanyakan. Selain itu tidak ada juga patokan tentang jumlah atau dosis konsumsi yang aman.

  5. Sebaiknya Hindari Mengkonsumsi Ketika Sedang Hamil
    Dari beberapa informasi tentang jamu untuk melancarkan haid yang sudah dijelaskan sebelumnya mungkin masih banyak yang berpikir karea jamu terbuat dari bahan alami sehingga aman dikonsumi untuk semua orang dalam kondisi apapun. Memang benar walaupun terbuat dari bahan alami, ada baiknya jika ingin mengkonsumsi jamu dalam kondisi kamu sedang hamil, tanyakan dahulu ke dokter, kamu juga perlu hati-hati. Disamping dari itu, jika kamu menhalami masalah seputar menstruasi, misalnya siklus haid kamu tidak lancar selama berbulan-bulan atau kamu mengalami kram perut yang menyakitkan dan adanya gejala lain yang kamu alami dan merasa tidak biasa, sebaiknya kamu langsung periksakan diri ke dokter agar bisa mengetahui penyebabnya dan kamu bisa tahu perawatan apa yang tepat untuk kamu. Sebelum semakin parah, jika sudah merasa ada yang berbeda jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter, tidak hanya mengkonsumsi jamu saja, harus diimbangi juga dengan olahraga dan pola hidup sehat.

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...