Barikut Ini 5 Cara Mematangkan Alpukat Paling Mudah

dailyxpressnews.com – Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara mematangkan alpukat, bagi pecinta alpukat tentunya sering nyetok alpukat dirumah untuk persediaan agar bisa dikonsumsi jangka panjang. Nyetok alpukat memang paling enak yang belum terlalu matang agar bisa disimpan dalam waktu yang lama, buah berwarna hijau ini memang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Alpukat salah satu buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang berdiet.

Selain untuk berdiet alpukat juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut, hal ini sudah banyak diketahui. Bahkan beberapa produk kecantikan kulit atau rambut banyak yang sudah menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya. Atau jika kamu ingin merasakan langsung manfaatnya bisa menggunakan buah alpukat yang asli untuk dijadikan masker wajah atau masker rambut, menggunakan masker alpukat secara rutin kamu bisa merasakan khasiatnya.

Manfaat baik dari alpukat ternyata berkat kandungan nutrisi didalamnya, ada banyak kandungan baik di dalam alpukat. Seperti Vitamin C,vitamin K, vitamin E, vitamin B6, kalium, zat besi, folat, lutein, karotenoid dan berbagai macam kandungan lainnya yang memang dibutuhkan untuk tubuh. Mengkonsumsi alpukat secara rutin juga cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Menemukan buah alpukat memang cukup mudah, kamu bisa membelinya di toko buah atau supermarket. Buah hijau yang memiliki rasa nikmat ini bisa kamu olah menjadi berbagai macam hal, bisa diolah menjadi makanan manis maupun makanan asin, atau jika ingin dimakan secara langsung kamu juga bisa mengkonsumsinya secara langsung. Biasanya banyak orang membeli buah alpukat dalam keadaan mentah dan dimatangkan sendiri dirumah.

Alpukat yang masih mentah jika ditangani dengan cara tidak benar justru bisa menjadi cepat busuk dan akhirnya terbuang sia sia. Maka dari itu alpukat yang masih mentah perlu ditangani dengan tepat agar matang secara sempurna, kamu bisa mematangkan alpukat sendiri dirumah dengan beberapa cara. Bagaimana caranya? Berikut ini cara cara mematangkan alpukat.

Cara Mematangkan Alpukat Paling Mudah Dan Cepat

Cara mematangkan alpukat

  1. Gunakan Oven
    Cara paling mudah dan cepat untuk mematangkan alpukat yaitu dengan cara di oven atau dipanggang. Pertama bungkus alpukat mentah terlebih dahulu menggunakan kertas timah, lalu diletakan di atas Loyang kemudian masukan kedalam oven dengan suhu 200 derajat selama 10 menit sampai alpukat melunak. Jika sudah keluarkan dari oven dan masukan kedalam kulkas terlebih dahulu.

  2. Gunakan Paper Bag Coklat
    Tak hanya bisa dipanggang, cara mematangkan alpukat bisa dengan cara membungkus dengan paper bag coklat. Setelah kamu membungkusnya dan tutup secara rapat, kamu bisa menyimpannya. Dengan cara ini alpukat kamu akan cepat matang dalam waktu singkat, kurang lebih hanya sekitar 4 hari, hal ini karena gas etilen yang dilepaskan dapat terpusat dan diterima ke alpukat lagi karena ada paper bag ini.
  3. Letakan Berdampingan Dengan Buah Lain
    Cara yang satu ini mungkin terdengar cukup aneh, namun ternyata benar benar ampuh. Jika kamu ingin cepat cepat mengkonsumsi alpukat milik kamu, bisa menggunakan cara ini, dengan menggandakan produksi gas etilen dengan menambahkan buah lain ke dalam paper bad, seperti buah pisang atau apel. Hal ini sudah terbukti membuat alpukat matang lebih cepat.

  4. Isi Paper Bag Dengan Tepung
    Cara mematangkan alpukat selanjutnya yaitu kamu bisa mengisi bagian bawah paper bag coklat dengan tepung. Kemudian kamu bisa meletakan alpukat didalamnya lalu gulung paper bag dan tutup hingga rapat, hal ini untuk memusatkan gas etilen yang juga melindungi buah dari jamur dan memar.

  5. Simpan Alpukat Yang Sudah Matang Ke Dalam Kulkas
    Setelah alpukat sudah matang, kamu bisa simpan didalam kulkas namun sebentar saja. Jangan simpan alpukat terlalu lama atau buah hijau tersebut busuk, jika kamu ingin lebih segar, setelah mematangkan buah alpukat bisa langsung masukan ke dalam kulkas selama 1 jam, baru kamu bisa langsung mengkonsumsinya langsung atau diolah menjadi berbagai macam hal.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...