Bahaya Kalau Dilanggar, Inilah Etika Penting Mendaki Gunung!

Dailyxpressnews.com – Etika mendaki gunung harus kamu patuhi demi menjaga keselamatan dan tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari anak muda, namun tak jarang juga orang dewasa yang ikut mendaki gunung untuk menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan. Mendaki gunung juga bisa menjadi olahraga karena harus melakukan perjalanan panjang untuk mencapai puncak. Mendaki gunung bukanlah hal yang sepele, sebab nyawa kamu menjadi taruhan.

Kebanyakan dari kamu tentunya sering mendengar kasus pendaki hilang di gunung atau pendaki yang meninggal di gunung. Hal tersebut salah satu kelalaian yang dilakukan karena ada aturan yang dilanggar oleh pendaki tersebut, melanggar aturan di gunung memang sangat berbahaya, jangan menyepelekan aturan di gunung atau kamu akan merasakan dampak buruknya. Bahkan sampai saat ini pun masih cukup banyak pendaki yang sering melanggar karena menantang dan penasaran dengan apa yang terjadi.

Setelah merasakan imbasnya, pasti akan menyesal. Oleh karena itu jika ingin mendaki jangan penasaran untuk melanggar aturan. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi padamu, sebelum kamu mendaki gunung sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja aturan yang harus kamu patuhi dan apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan ketika kamu mendaki gunung agar perjalananmu mendaki tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa etika yang harus dipatuhi saat mendaki gunung.

Etika Mendaki Gunung yang Bahaya Jika Dilanggar

Etika-Mendaki-Gunung

     1. Mendaki Secara Ilegal

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mendaki gunung yaitu mendaftarkan diri dan rombongan terlebih dahulu kepada petugas basecamp yang berjaga. Mengapa begitu? Karena untuk membayar sanksi pendakian seperti biaya kebersihan dan asuransi untuk setiap pendaki, dan jika kamu mendaftarkan diri untuk memudahkan petugas jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

     2. Keluar dari Jalur Pendakian

Etika ketika kamu mendaki gunung yang satu ini harus di patuhi, sebab mendaki gunung yang kamu tuju sudah memiliki jalur sendiri dan harus melalui jalur tersebut. Jangan sampai kamu melanggar aturan dengan keluar jalur pendakian.

Sebab tidak ada yang tahu akan terjadi apa kedepannya. Beberapa pendaki juga ada yang membuat jalur sendiri, hal ini cukup berbahaya dan ikut mencelakakan orang lain, kecuali kamu sudah mendapat izin dari petugas untuk membuat jalur baru.

     3. Merokok Sembarangan

Di gunung memang tidak ada tulisan dilarang merokok, namun aturan ini tetap harus kamu patuhi. Sebab putung bekas rokok biasanya dibuang sembarang dan hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran hutan. Terkadang aturan ini masih saja dilarang oleh pendaki, jika kurang beruntung bahkan kamu bisa diganggu oleh penghuni gunung tersebut.

     4. Mengubah Penunjuk Jalan

Etika saat kamu mendaki gunung yang satu ini sering sekali dilakukan banyak pendaki yang iseng ketika sedang mendaki. Mengubah petunjuk jalan ke arah yang salah akan menyesatkan orang lain dan menyebabkan malapetaka.

     5. Vandalisme

Mencoret-coret sembarangan sangat dilarang jika kamu sedang mendaki gunung, vandalisme bisa kamu lakukan di tempat yang lain, namun tidak untuk dilakukan di gunung. Jika kamu ketahuan dengan petugas bisa bisa kamu dikenakan denda . hal ini juga dapat merusak keindahan alam.

     6. Merusak Tumbuhan

Tak jarang pendaki sering memetik dan mencabut tumbuhan yang ada di gunung, hal ini aturan yang tidak boleh dilanggar. Merusak ekosistem biasanya akan menimbulkan sampah berserakan, jika kamu sedang berada di gunung jangan sampai merusak tumbuhan yang ada di sana.

     7. Buang Sampah Sembarangan

Setiap gunung memiliki penghuni tak kasat mata, penghuni gunung akan sangat marah jika tempatnya dirusak dan kotor. Selain itu juga dengan membuang sampah sembarang akan merusak keindahan gunung. Sebaiknya siapkan tempat untuk membuang sampah dan bawa sampah kamu sampai turun.

Itulah beberapa etika mendaki gunung yang wajib kamu ingat dan patuhi, jangan menganggap sepele apapun ketika berada di gunung dan ada baiknya saling menghormati. Mau bagaimanapun kamu pengunjung di sana, jangan sampai mengganggu kenyamanan makhluk yang ada di gunung.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Cara Mudah & Efektif untuk Selesaikan Konflik dengan Tim Kerja

Dailyxpressnews.com - Didalam dunia pekerjaan, ternyata salah paham pasti akan timbul dan hal ini merupakan masalah yang kerap kali terjadi. Perbedaan pendapat terkadang menyebabkan...

Tips Memiliki Prasangka Baik Sama Orang Lain, Cobalah Empati!

Dailyxpressnews.com - Kamu yang ingin sekali memiliki hubungan baik dengan banyak orang, tentu saja perlu memiliki prasangka baik ke orang lain dulu. Jangan buang...

Agar Hasil Optimal, Ini Dia Cara Benar Menggunakan Masker Spirulina!

Dailyxpressnews.com - Adakah dari anda yang gemar menggunakan masker untuk menghasilkan wajah yang cerah dan terawat? Jika ya, pastinya sudah tidak asing lagi apabila...