Bahaya! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Beracun

dailyxpressnews.com – Berikut ini ada beberapa makanan beracun berbahaya yang pastinya ada di dapur kamu. Makanan merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh, namun ada beberapa kondisi tertentu yang membuat makanan berubah menjadi sumber petaka bagi tubuh. Mulai dari yang mengandung zat berbahaya, senyawa beracun yang ada di dalam makanan bisa berasal dari senyawa alami, sintetis, mikroba dan residu maka dari itu perhatikan proses pengolahan dan bahan makanan yang ada dirumah kamu untuk menghindari keracunan. Pasalnya keracunan makanan bisa menyebabkan kematian.

Makanan Beracun Berbahaya Yang Perlu Diperhatikan

1. Singkong

bahaya-5-makanan-yang-sering-dikonsumsi-ini-ternyata-beracun
Singkong

Tahukan kamu singkong bisa menjadi makanan yang berbahaya, singkong memiliki kandungan racun linamarin dan lotaustralin, yang keduanya termasuk ke dalam golongan glikosida sianogenik yang mana racun ini akan menjadi sianida ketika dikonsumsi. Gejala yang dialami ketika keracunan singkong mentah yaitu kesulitan bernapas, mual, muntah, diare, pusing, lemas, kejang, detak jantung tidak teratur, bahkan pada kasus ini akan menyebabkan kematian. Untuk melihat singkong beracun atau tidaknya bisa melihat dari rasa yang pahit dan bau langu, untuk mengkonsumsinya kamu bisa merendam singkong terlebih dahulu dan rendam di dalam air hangat selama beberapa hari. Untuk singkong manis memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar sianida yang terdapat di singkong tersebut.

2. Biji Apel

bahaya-5-makanan-yang-sering-dikonsumsi-ini-ternyata-beracun
Biji Apel

Makanan beracun berbahaya yang selanjutnya yaitu biji apel, tahukah kamu kalau ternyata biji apel memiliki kandungan zat amygdalin yang akan melepaskan sianida ketika berinteraksi dengan enzim pencernaan. Gejala yang akan dialami jika keracunan biji apel yaitu sakit perut, muntah, keringat berlebihan, sulit bernapas, detak jantung yang tidak teratur. Untuk pengonsumsiannya enzim tersebut dapat dinetralisir oleh tubuh jika dosisnya kecil namun jika dosisnya besar akan membahayakan tubuh, maka dari itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi apel bersama dengan bijinya untuk mencegah resiko berbahaya ini. Selain itu ada juga biji buah yang lainnya seperti pir, plum, ceri ,dan peach yang juga memiliki kandungan racun berbahaya di dalamnya.

3. Kentang

bahaya-5-makanan-yang-sering-dikonsumsi-ini-ternyata-beracun
Kentang

Kentang memiliki kandungan racun alami yang masuk ke dalam golongan glikoalkaloid dengan dua macam racun utama yang ada di dalamnya yaitu solanin dan chaconine. Gejala yang muncul ketika keracunan kentang biasanya akan muncul ketika 8 hingga 12 jam setelah kamu mengkonsumsi kentang dan akan terasa seperti mulut terbakar, sakit perut dan mual, muntah, diare, sesak nafas, gangguan detak jantung hingga sakit kepala. Untuk mengkonsumsi kentang agar aman kamu bisa mengupas bersih lapisan kulit kentang yang berwarna hijau yang biasanya memiliki rasa pahit, kemudian rendam di dalam larutan air garam sebelum diolah, sebaiknya usahakan untuk menyimpan kentang ini pada tempat yang sejuk, kering dan juga gelap dan hindari menyimpan kentang di tempat yang terkena paparan sinar matahari karena akan menyebabkan pembentukan solanin.

4. Bayam

bahaya-5-makanan-yang-sering-dikonsumsi-ini-ternyata-beracun
Bayam

Makanan beracun berbahaya yang selanjutnya yaitu bayam, siapa sangka kalau bayam yang diketahui banyak orang menyehatkan ternyata juga bisa menjadi makanan yang beracun. Bayam memiliki kandungan asam oksalat yang dapat mengikat kalsium yang akan mengiritasi lambung dan juga membentuk batu ginjal, gejala yang akan kamu alami jika keracunan bayam yaitu gangguan pencernaan, kram perut, muntah-muntah, pecahnya pembuluh darah hingga kematian. Untuk mencegah resiko berbahaya ini pastikan masukan bayam ketika air rebusannya sudah mendidih kemudian ganti dengan air rebusan yang baru untuk mengurangi kadar asam oksalat pada bayam.

5. Tomat

bahaya-5-makanan-yang-sering-dikonsumsi-ini-ternyata-beracun
Tomat

Buah yang memiliki banyak manfaat ini ternyata juga bisa menjadi makanan beracun, tomat memiliki kandungan atropine atau solanin yang masuk ke dalam golongan glikoalkaloid. Racun ini memang lebih banyak ditemui pada buah tomat hijau yang belum begitu matang, gejala yang akan kamu alami jika keracunan yaitu lelah, pendarah pada sistem pencernaan, menggigil, sakit kepala, kelumpuhan dan yang parahnya lagi bisa menyebabkan kematian. Sebaiknya hindari mengkonsumsi tomat yang belum matang dan jangan mengkonsumsi dengan batangnya, racun pada tomat bisa dihindari asalnya memiliki cara masak yang benar. Tomat harus benar-benar matang dan siap untuk disajikan.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Alasan Wajib Nonton Film Zombie Kingdom: Ashin Of The North

Dailyxpressnews.com - Setelah Drama Korsel yang terpopuler rupanya banyak episode spesial ketika nonton film zombie Kingdom: Ashun Of The North, ini alasannya! Ternyata drama...

Makanan Mengganggu Sistem Pencernaan Anak, Jangan Konsumsi Berlebihan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa jenis makanan mengganggu sistem pencernaan anak yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Pada masa pertumbuhan atau yang biasa di sebut dengan...

Cemilan Manis Khas Medan Paling Enak, Cocok Untuk Oleh-Oleh

dailyxpressnews.com - Cemilan manis khas Medan bisa menjadi salah satu teman saat bersantai  ataupun dijadikan oleh-oleh. Medan  sendiri merupakan salah satu kota terbesar ketiga...