Awas Jangan Dianggap Sepele! Akibat Kurang Makan Bagi Tubuh

dailyxpressnews.com – Ada banyak akibat kurang makan yang berbahaya bagi tubuh, setiap manusia membutuhkan asupan kalori yang cukup setiap harinya. Pastinya kamu ingin mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, namun jika kamu tidak makan cukup kalori, misalnya karena diet, nafsu makan menurun atau alasan lain, itu dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Umumnya orang yang kelebihan atau obesitas memiliki kondisi terkait lainnya yang sering mengabaikan betapa bahayanya kurang makan bagi kesehatan tubuh, gak hanya bikin badan menjadi lemas, berikut ini beberapa masalah lain yang akan timbul kalau kamu kekurangan makan.

Akibat Kurang Makan Bagi Tubuh Yang Tidak Boleh Disepelekan

Akibat kurang makan

  1. Kelelahan Terus-Menerus
    Kurang makan kemungkinan besar akan menunjukkan rasa lelah terus-menerus, tubuh sendiri mendapat energi dari kalori yang kamu makan dan minum, tubuh juga butuh kalori energi agar berfungsi dengan baik. Jika asupan kalori lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, maka hal ini akan menjadi dampak buruk pada tingkat energi yang dapat menyebabkan perasaan lelah fisik dan mental.Selain itu produktivitas kamu pun jadi terganggu. Tidak hanya itu, tingkat kalori yang rendah juga bisa mempengaruhi kinerja fisik dan kebugaran, menurut sebuah studi seseorang yang mengalami gangguan makan yang mengkonsumsi terlalu sedikit kalori memiliki kebugaran fisik dan performa olahraga yang buruk, maka dari itu jangan sampai makan terlalu sedikit.

     

  2. Lebih Sering Sakit
    Akibat kurang makan dapat mengakibatkan tubuh tidak mendapat asupan nutrisi cukup yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang memadai untuk melawan penyakit. Hal ini berakibat kamu mudah terserang flu atau gejala yang dirasakan bertahan lebih lama, maka dari itu memenuhi asupan gizi sehat dan seimbang sangat penting untuk semua orang, terutama untuk anak kecil dan lansia yang memiliki sistem imun yang lemah. 
  3. Merasa Kedinginan Sepanjang Waktu
    Bagi kamu yang sering merasa kedinginan terus-menerus, bisa jadi hal ini karena kamu kurang makan. Tubuh perlu membakar sejumlah kalori untuk menciptakan panas dan mempertahankan suhu tubuh yang sehat, maka dari itu kamu memerlukan asupan kalori yang cukup untuk menjaga suhu tubuh yang sehat, asupan kalori yang terlalu sedikit dapat menurunkan suhu inti tubuh, sehingga tubuh kamu bisa merasa kedinginan yang konstan. Menurut sebuah studi orang yang melakukan pembatasan kalori suhuh inti tubuhnya jauh lebih rendah daripada mereka yang mengkonsumsi lebih banyak kalori. 
  4. Depresi
    Akibat kurang makan dapat menyebabkan depresi, depresi sendiri merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli, gejala¬† yang perlu diwaspadai yaitu merasa sedih lebih dari 2 minggu, merasa tidak bahagia, dan merasa putus harapan. Walaupun malnutrisi bukan penyebab depresi, ada bukti yang menunjukkan hubungan antara nutrisi buruk dan depresi, sebuah penelitian pada ibu hamil gejala depresi dikaitkan dengan asupan asam lemak omega 3 yang lebih rendah. Tidak hanya itu saja, mereka yang mengalami depresi mengalami kadar vitamin D yang lebih rendah. 
  5. Sembelit
    Asupan kalori yang sedikit juga bisa mengakibatkan sembelit atau sulit buang air besar, sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar 3 kali atau kurang dalam seminggu, feses keras dan sulit dikeluarkan. Masalah ini umum dialami lansia dan bisa diperparah dengan pola makan yang buruk, kurangnya makan sayuran dan buah-buahan juga bisa menyebabkan sembelit, solusinya kamu harus rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, setiap harinya usahakan harus ada asupan buah dan sayur agar terhindar dari sembelit. 
  6. Masalah Kulit
    Akibat kurang makan dapat menyebabkan masalah kulit, hal lain yang dapat terjadi pada tubuh kamu jika kurang makan yaitu adanya masalah kulit. Kalau tubuh mendapat jumlah nutrisi yang cukup, seperti vitamin E, masalah kulit dapat terjadi dan kulit akan menjadi lebih mudah rusak akibat peradangan atau paparan radiasi ultraviolet. Tidak hanya vitamin E saja, vitamin lain yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit yaitu vitamin B3 atau Niasin.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...