Aplikasi Perpesanan yang Di Rekomendasikan Oleh Para Ahli

dailyxpressnews.com – Setelah aplikasi WhatsApp mengumumkan rencana baru yang segera dihadirkan oleh seluruh penggunanya, jutaan pengguna pun bermigrasi dari aplikasi perpesanan tersebut. Para ahli menyarankan agar menggunakan kebijakan privasi aplikasi perpesanan yang terjamin untuk seluruh penggunanya. Dua aplikasi yang menjadi favorit dan pelampiasan dari WhatsApp, adalah Signal dan Telegram. 

Kedua aplikasi perpesanan itu menawarkan privasi yang lebih menjamin para penggunanya. Namun, tidak ada satu pun dari ketiga nya yang dapat diandalkan secara penuh. Kecuali, jika aplikasi tersebut mencoba untuk mengubah pengaturan keamanan tertentu untuk melindungi dan menjaga informasi para pengguna. Inilah ulasan lebih lengkap mengenai privasi dan keamanan pada aplikasi perpesanan.

Keamanan dan Privasi Aplikasi Perpesanan

Dilansir dari sumber Enterpreneur, pada 24 Januari 2021, pakar keamanan siber, yakni Zak Doffman, mengklaim bahwasanya aplikasi perpesanan Telegram dan Signal lebih menjanjikan privasi pengguna hingga membuat penggunanya bisa memaksimalkan kepercayaan terhadap aplikasi tersebut dibandingkan aplikasi lainnya. Namun, seperti juga dengan aplikasi WhatsApp, kedua aplikasi itu memiliki pengaturan penting yang belum bisa ditentukan, sehingga harus mengalami perubahan untuk memperketat keamanan data pengguna. 

“WhatsApp masih dapat dipergunakan. Namun, perlu sekali untuk mengubah konfigurasi mendasar, sehingga aplikasi ini menjadi lebih aman dan tidak mengkhawatirkan,” katanya kepada Forbes, yang kami lansir dari sumber Kompas.com. Doffman, menjelaskan bahwa aplikasi WhatsApp bisa mengumpulkan berbagai data dibandingkan aplikasi Telegram dan iMessage. Meskipun demikian, jumlah penggunanya lebih sedikit dibandingkan pengguna aplikasi lainnya, seperti Facebook, Messenger, Instagram, Google, Snapchat, dan TikTok.

Aplikasi WhatsApp

Privasi Aplikasi Perpesanan

Menurut Doffman, WhatsApp menggunakan aplikasi tersebut dan memanfaatkan fitur end-to-end untuk mengenkripsikan pesan para penggunanya. Akan tetapi, Doffman menemukan kendala dan permasalahan terhadap metadata WhatsApp. 

“Masalahnya itu terletak pada metadata, yaitu siapa, kapan, dan dimana dalam hubungannya terhadap pesan anda. Serta ada pula kontak dan informasi anda tentang perangkat anda di aplikasi tersebut,” ujarnya. Berikut adalah beberapa tips dari Doffman ketika menggunakan aplikasi WhatsApp: 

  • Hindari suatu konten yang berbahaya, sebaiknya hapus konten tersebut. Biasanya, konten itu berupa tautan, atau lampiran yang tidak memiliki sumber alias tidak dikenal.
  • Nonaktifkan opsi yang berfungsi untuk menyimpan gambar secara otomatis yang akan muncul di galeri telepon.
  • Dapatkan nomor PIN yang ditawarkan oleh aplikasi ini, anda bisa memanfaatkan fitur verifikasi dua langkah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya tindakan peretasan membajak akun anda untuk digunakan penipuan.
  • Matikan backup. Jika anda menggunakan opsi untuk mencadangkan pesan ke Apple ataupun Google Cloud, maka Salinan tersebut tidak dapat terlindungi sepenuhnya oleh enskripsi end-to-end.

Aplikasi Telegram

Seperti aplikasi WhatsApp dan Signal, ketika anda mencoba untuk mengakses Telegram untuk pertama kalinya diperangkat anda, maka anda harus memasukkan nomor telepon. Kemudian, pihak Telegram akan meminta anda untuk menuliskan pesan konfirmasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor perangkat anda. 

“Masalahnya, adalah apabila terdapat seseorang yang mencuri nomor kode atau kode OTP tersebut, mereka bisa melancarkan pembajakan akun dan mengakses konten anda untuk berbagai tindakan yang merugikan,” kata Doffman. Berikut adalah saran untuk pengguna dalam menggunakan aplikasi Telegram:

  • Mengaktifkan verifikasi dua langkah. Anda harus membuka pengaturan terlebih dahulu, kemudian ketik lah ke Privasi dan Keamanan. Setelah itu anda hanya perlu memasukkan kata sandi yang akan anda pergunakan.
  • Mengubah pengaturan privasi. Pada bagian ‘Privasi’, aturan dikhususkan untuk kontak anda saja yang bisa berkomunikasi dengan anda.
  • Menggunakan lock code. Fitur ini berfungsi untuk melindungi pesan-pesan dan data-data anda agar tidak mudah diretas.

Aplikasi Signal

Signal, memiliki sejumlah kelebihan yang memuaskan. Walaupun begitu, aplikasi perpesanan ini pun memiliki kekurangan yang tidak bisa di hindari. Meskipun aplikasi Signal direkomendasikan secara langsung oleh Elon Musk, namun aplikasi ini juga tidak bebas risiko kendala. Berikut adalah saran dari Doffman dalam menggunakan aplikasi Signal:

  • Mengaktifkan registrasi lock
  • Mengatur screen lock
  • Matikan pratinjau
  • Menonaktifkan tangkapan layar dari luar aplikasi

Dengan begitu, privasi aplikasi perpesanan Signal ini bisa terjamin dan anda bisa meminimalisir peretasan. 

 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...