7 Manfaat Dari Jeruk Nipis Untuk membantu Menjaga Kesehatan

dailyxpressnews.comSegudang manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan yang mudah kamu dapatkan. Jeruk memiliki banyak jenis dan salah satunya yaitu jeruk nipis, jeruk yang tidak digunakan sebagai pencuci mulut. Jeruk nipis lebih sering dicampurkan pada makanan agar lebih sedap dan dibuat jadi minuman yang segar ketimbang dimakan langsung. Jeruk yang memiliki nama latin Citrus Aurantifola ini punya banyak na cantik di berbagai daerah di Indonesia. Seperti, Kalangsa, jeruk pecel, jeruk alit atau lemau nepi. 

Banyak juga yang masih menyebutkan jeruk nipis. Bentuknya yang lebih bulat daripada lemon yang oval dan ujungnya yang sedikit mencuat, Kemudian jeruk nipis berwarna hijau terang dan cenderung dimanfaatkan dengan kulit jeruk yang masih hijau. Beda lagi dengan jeruk limau, jeruk yang sering tertukar dengan jeruk nipis lantaran warna dan bentuk hampir sama,. Tetapi kalau lebih detail jeruk limau jauh lebih kecil untuknya sedangkan nipis seukuran bola tenis meja. Kamu harus tahu kandungannya yang sangat berkhasiat untuk tubuh itu. Berikut ini penjelasannya!

Segudang Manfaat Dari Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat dari jeruk nipis

  1. Melancarkan Pencernaan
    Manfaat dari jeruk nipis seperti air perasannya yang memiliki sifat asam dan dapat membantu memecah makanan. Selain itu kandungannya flavonoidnya dalam jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim pencernaan. Jika kamu sedang mengalami sembelit, sifat dari asam jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus. Membantu mendorong semua sampah yang berada di dalam perut ke bawah lebih mudah. Asupan air dari perasan jeruk nipis ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan feses lebih lancar.

  2. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan Vitamin C dan Antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh. Sehingga kamu dapat membantu tubuh melawan penyakit seperti flu, pilek dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis juga dapat memproduksi dan meningkatkan sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit. Kamu akan mengalami waktu yang singkat saat sedang tidak enak badan. Jenis buah jeruk yang sangat direkomendasikan supaya kamu tidak mudah sakit.

  3. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Cocok nih buat kamu yang merasa berat badannya yang belum ideal. Bukannya tidak bersyukur tetapi sangat berbahaya juga jika kamu memiliki berat badan tinggi sampai obesitas. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu untuk membakar kalori. Harus kamu ingat! tidak mungkin berat badan akan turun sendiri jika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik supaya kalori terbakar jauh lebih banyak. Konsumsi sayuran setiap hari yang bisa membantu anda mempercepat waktu menurunkan berat badan.

  4. Menjaga Kadar Gula Darah
    Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi penderita Diabetes. Orang dengan kondisi yang mengharuskan jaga kadar gula darah supaya tetap normal harus konsumsi jeruk nipis. Pasalnya insulin yang bertugas menurunkan gula darah di tubuh sudah tidak berfungsi dengan baik. Nah, upaya mengkonsumsi jeruk nipis inilah yang bisa menurunkan kadar  gula darah dengan cepat sehingga mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Kamu akan mudah menjaga kadar gula darah dengan cara yang tepat.

  5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
    Jeruk Nipis merupakan sumber magnesium dan Kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium sendiri dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan sirkulasi darah akan lancar. Hal ini membantu kamu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

  6. Menurunkan risiko Kanker
    Kanker terjadi ketika pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang di bagian tubuh mana saja. Seperti Payudara, paru-paru dan ginjal jika dibiarkan maka sel kanker akan menyebar ke jaringan lainnya yang bahayakan jiwa.

  7. Meremajakan Kulit
    Manfaat dari jeruk nipis bukan hanya untuk kesehatan saja, rupanya bisa juga untuk kecantikan. Meremajakan kulit dengan kandungan yang diberikan dari jeruk nipis. Perawatan dari produk yang mengandung jeruk nipis dapat menyehatkan dan membuat wajah lebih muda. Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan yang alami dan bisa jadi andalan untuk merawat kecantikan kulit. Ternyata manfaat jeruk nipis ini sangat bermanfaat untuk menyelesaikan masalah kulit dan juga bagi kesehatan tubuh.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...