5 Penyebab Warna Gelap Pada Urine Yang Sangat Berbahaya

dailyxpressnews.com – Urine merupakan hasil yang diproduksi oleh ginjal. Saat kamu sedang mengkonsumsi minuman atau makanan, maka cairan tersebut berpindah dari sistem pencernaan kemudian ke sistem peredaran darah manusia lalu ke ginjal untuk disaring. Jika ginjal mengeluarkan urine artinya terdapat adanya limbah produk dan kelebihan cairan. Warna gelap pada urine dari warna kuning pucat hingga kuning gelap, tergantung pada rasio air produksi limbah. Urine yang lebih gelap sendiri memiliki warna yang begitu berbeda tetapi biasanya yaitu coklat, kuning tua atau merah marun. 

Banyak sekali yang bisa mempengaruhi warna urine bisa berubah, sebagian besar bukan kondisi yang berbahaya. Perubahan warna air kencing bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang sedang kamu alami. Hal ini tidak bisa kamu speleken begitu saja, pada dasarnya kamu harus mencari tahu penyebabnya dan segera konsultasikan kesehatan kamu dengan dokter spesialis. Langsung saja berikut ini merupakan penyebab warna urin kamu berubah menjadi gelap.

Penyebab Warna Gelap Pada Urine Yang Harus Kamu Waspadai

Tentu saja harus kamu waspadai, pasalnya saat urin kamu memiliki warna gelap banyak sekali penyebabnya. Berikut ini merupakan penyebab berubahnya warna urine milikmu, jika gejala dan perubahannya sama seperti yang kamu alami segera periksakan ke dokter. 

  1. Obat-obatan, Makanan, Dan Minuman
    Banyak sekali jenis makanan dan minuman yang bisa merubah warna urin  bahkan merubah bau urine. Misalnya kamu mengkonsumsi buah bit atau blackberry, urine kamu akan berubah menjadi merah. Sedangkan jika kamu mengkonsumsi rhubarb bisa membuat warna gelap pada urine menjadi coklat atau mirip dengan teh. Berikut ini merupakan jenis obat yang membuat urine kamu berubah warna. Seperti yang dilansir dari Idntimes.com: 

    -Senna, chlorpromazine, dan thioridazine dapat mengakibatkan urine berwarna merah. 

    -Rifampin, warfarin, dan phenazopyridine dapat mengakibatkan urine berwarna oranye. 

    -Amitriptyline, indomethacin, cimetidine, dan promethazine dapat menghasilkan urine berwarna biru atau hijau. 

    -Chloroquine, primaquine, metronidazole, dan nitrofurantoin dapat menghasilkan urine berwarna coklat gelap atau mirip teh.

  2. Dehidrasi
    Warna Gelap Pada Urine
    Kondisi tubuh kamu yang sedang mengeluarkan cairan lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk adalah kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. Asupan cairan yang kurang dengan pengeluaran cairan yang berlebih biasanya akan membuat warna urin kamu berubah warna menjadi gelap. Dehidrasi juga tidak hanya menyebabkan urine berwarna gelap, tetapi mulut dan bibir kering, haus, pusing dan lemas, kesulitan menelan makanan kering, sembelit dan kelelahan. Dehidrasi bisa diatasi dengan minum banyak cairan.
  3. Anemia Hemolitik
    Anemia Hemolitik merupakan sebuah penyakit kurang darah akibat terjadinya penghancuran sel darah merah yang lebih cepat dibandingkan pembentukannya. Beberapa mekanisme saat makan dan merusakan sel darah merah apabila saat terjadi reaksi Autoimun. Tanda gejalanya yaitu warna urin kamu yang akan gelap dengan gejala lainnya seperti kelelahan, pusing, jantung berdebar, sakit kepala, kulit pucat, limpa atau hati yang membesar. Dalam kasus ini dapat menyebabkan penderita mengalami menggigil, demam, sakit punggung dan syok. 
  4. Hepatitis C
    Infeksi yang terutama menyerang organ hati, pasien penderitanya mengalami gejala tahap awal  tanpa sadar ke tahap kronis. Gejala awal yang muncul bila terjadi infeksi kronis dari hepatitis ini sudah menimbulkan kerusakan hati. Gejala seperti lemas, tidak nafsu makan, dan penyakit kuning akan mudah dialami. Selai itu, urin yang kamu produksi akan berpengaruh dengan warna yang gelap dalam perubahannya. Hepatitis C bisa menular dari darah, ketika darah penderita masuk ke dalam pembuluh darah orang lain. Lalu penularannya juga bisa melalui hubungan intim tanpa kondom.
  5. Infeksi Saluran Kemih
    Infeksi saluran kemih merupakan kondisi yang tidak sehat pada sistem kemih, ginjal uretra. Biasanya bagi penderita yang mengalami ISK ini akan memiliki gejala seperti nyeri atau sensasi terbakar saat berkemih, nyeri tekan di perut, sering buang air kecil dan warna gelap pada urine. Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya, Bakteri yang akan menyertai di ginjal lalu ke darah dan menyebabkan tekanan darah turun hingga syok. Bahkan parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Memiliki Segudang Manfaat! Teh Daun Kelor Wajib Dikonsumsi

dailyxpressnews.com - Daun kelor salah satu tumbuhan yang memang dikenal memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, sejak lama daun ini juga disebut sebagai daun...

Mayat Perempuan Di Waduk Sragen Terungkap Identitasnya!

dailyxpressnews.com - Sebelumnya, ditemukan mayat perempuan di Waduk Kembangan yang mengambang di pinggiran. Mayat perempuan tersebut tadinya belum diketahui identitasnya. "Benar, tadi ditemukan warga...

Minuman Racikan Dari kopi Paling Unik Dan Populer

dailyxpressnews.com - Budaya minum kopi ternyata sudah ada sejak lama di negeri Indonesia. Sampai akhirnya kini banyak minuman racikan dari kopi yang unik. Bahkan...