5 Nutrisi Penting Untuk Atasi Gejala Sindrom Pramenstruasi

dailyxpressnews.com – Gejala sindrom pramenstruasi alias PMS sering dialami perempuan usia subur sebelum menstruasi berlangsung. Pada umumnya, gejala ini bakal disertai dengan tanda nyeri, masalah kulit dan timbul jerawat. Ada saja perubahan psikis yang sensitif seperti depresi, cepat marah, moody dan gangguan tidur. Gimana cara atasi gejala Sindrom Pra menstruasi? Sampai saat ini berbagai usaha telah dilakukan oleh sebagian perempuan. 

Lantaran sakit yang diderita karena gejala tersebut memang sangat menguras tenaga untuk menahannya. Makan tidak heran kalau banyak perempuan yang seketika mengeluh bahkan gejalanya dapat ganggu aktivitas bekerja seharian. Ternyata ada kabar baik juga, ternyata ada cara yang bisa meminimalisir rasa sakit dari gejala tersebut. Sudah banyak penelitian yang melihat kalau nutrisi bisa membantu mengurangi gejala PMS tersebut. 

Buat kamu yang sedang pramenstruasi seharusnya mengkonsumsi makanan yang penuh akan jutek untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Selain sehat semua rasa sakit saat ada gejala tersebut, dijamin bakal hilang secara perlahan.Berdasarkan beberapa penelitian, ada beberapa nutrisi yang dapat membantu mengurangi gejala-gejala PMS. Simak terus jenis nutrisi yang bisa atasi gejala pms itu seperti dibawah ini. 

Jenis Nutrisi Penting Untuk Atasi Gejala Sindrom Pramenstruasiatasi gejala Sindrom Pramenstruasi

  1. Zat Besi
    Zat besi adalah salah satu mikronutrien yang sangat penting, terutama bagi perempuan. Zat ini ternyata masih berkaitan dengan siklus menstruasi dan guna mencegah anemia. Nutrisi yang satu ini bisa atasi gejala Sindrom Pramenstruasi. Pola makan yang rendah zat besok disebabkan utama anemia defisiensi besi. Kondisi anemia mengarah kepada gejala Pms. Seperti lelah, mudah sakit, letih dan lesu  anjuran untuk mengkonsumsi nutrisi zat besi mudah dijumpai seperti bahan nabati, sayuran hijau atau sumber protein seperti daging, hati, ikan dan telur.
  2. Kalsium
    Asupan kalsium dengan dosis 1.336 mg per hari ini meme perbaiki gejala gangguan mood dan perilaku  biasanya berlangsung selama PMS. Gejala seperti kegelisahan hidrasi dan mual bisa sembuh pada orang PMS. Konsumsi kalsium akan memnuhi kebutuhan tubuh dengan cara makan dan minum seperti susu dan berbagai produk olahanya. Yakni, yoghurt, mentega dan keju. Bisa kamu jumpai juga di ikan teri, produk ikan presto, kedelai, susu kedelai dan tempe. Banyak bukan makanan yang mengandung kalsium? Nah, mulai saat ini jangan pernah lupain kalsium dalam jenis makanan yang kamu makan.
  3. Magnesium
    Konsumsi makanan yang mengandung magnesium juga sangat bagus karena berfungsi dalam membantu relaksasi otot  transmisi sinyal saraf dan mengurangi rasa nyeri. Hal ini bisa dijadikan obat obat penenang bagi perempuan yang sedang alami menstruasi. Anjurannya kamu bisa memuji kebutuhan jenis mineral yang terkandung dalam daging, susu dan produk olahan, sayuran hijau, coklat sereal, biji-bijian serta kacang-kacangan. Langsung coba konsumsi nutrisi ini untuk bisa atasi gejala Sindrom PMS kamu. Dijamin bakal tenang dan tidak terlalu nyeri saat sedang ingin mendekati jadwal menstruasi. 
  4. B1
    Vitamin B1 atau thiamin merupakan vitamin yang gizinya mampu untuk mengurangi masalah fisiologi seperti dismenore atau nyeri saat sedang haid. Tidak hanya nyeri, seperti kecemasan dan depresi juga bisa dikurangi hingga kamu tidak akan merasakan kelelahan yang amat sangat lelah. Tiamina ini dapat mengurangi gejala pms melalui fungsi Koenzim dalam metabolisme karbohidrat dan cabang utama seperti asam amino yang berperan dalam muncul saat ada gejala Pms baik fisik atau menyerang mental.
  5. B6
    Masih serupa dengan tiamin, vitamin B6 ini di piridoksin untuk memiliki pengaruh terhadap Pms. Vitamin ini dapat memperbaiki gangguan dan suasana hati serta perilaku saat PMS. Seseorang yang kurang dalam asupan vitamin b6 akan memiliki peluang lebih besar untuk alami gejala Sindrom PMS tadi. Tetapi, untuk atasi gejala Sindrom Pramenstruasi itu ternyata bisa dengan vitamin B6.

    Kamu bisa menemukan vitamin ini di dalam makanan yang akan kamu jadikan asupan tubuh. Apa saja jenis makannya? seperti kecambah, gandum, hati, kacang-kacangan, kentang, dan pisang. Dengan catatan kalau kamu bisa sembuh atas semua gejalanya jika rutin untuk mengkonsumsi 5 nutrisi diatas. Dijamin, gejalanya tidak ganggu kegiatan kamu lagi! 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Alasan Wajib Nonton Film Zombie Kingdom: Ashin Of The North

Dailyxpressnews.com - Setelah Drama Korsel yang terpopuler rupanya banyak episode spesial ketika nonton film zombie Kingdom: Ashun Of The North, ini alasannya! Ternyata drama...

Makanan Mengganggu Sistem Pencernaan Anak, Jangan Konsumsi Berlebihan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa jenis makanan mengganggu sistem pencernaan anak yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Pada masa pertumbuhan atau yang biasa di sebut dengan...

Cemilan Manis Khas Medan Paling Enak, Cocok Untuk Oleh-Oleh

dailyxpressnews.com - Cemilan manis khas Medan bisa menjadi salah satu teman saat bersantai  ataupun dijadikan oleh-oleh. Medan  sendiri merupakan salah satu kota terbesar ketiga...