5 Hal Yang Langka Saat Gerhana Bulan Total Kemarin

dailyxpressnews.com – Kepala Lembaga Penerbanagan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI, Thomas Djamaluddin,m menyebutkan bahwa Gerhana Bulan Total semalam di tahun ini merupakan fenomena yang lebih istimewa dari sebelumnya. Posisi bulan lebih dekat dengan bumi. Posisi bulan lebih dekat dengan bumi, hal itu menyebabkan GBT kali ini menjadi supermoon dan blood moon. 

Lembaga ini melakukan pengamatan gerhana bulan atau sering disebut sebagai Super blood moon. Teleskop dan layar lebar disediakan bagi warga yang ingin melihat fenomena alam tersebut. “Lapan Pasuruan melakukan pengamatan gerhana bulan secara streaming via youtube dan secara visual di lapangan,” kata Kepala Lapan Pasuruan, Dian Yudha Risdianto, Rabu (26/5/2021). Seperti yang dikutip oleh sumber berita detik.com.

Dian mengatakan kalau pihaknya sudah menyiapkan 6 teleskop. 5 teleskop diletakkan di rooftoip dan di depan halaman kantor yang dilengkapi dengan layar lebar. Masyarakat yang datang sangat antusias dan akan dilayani jika ingin melihat melalui teleskop. Mesti tidak lewat teleskop juga bisa lewat layar lebar yang disediakan. Lapan pasuruan ini membatasi 50 orang dalam nobar gerhana malam ini karena kondisi Pandemi Covid-19. Masyarakat yang tidak bisa datang ke Lapan, disarankan melihat via streaming Youtube.

Malam tadi pada tanggal 26 mei 2021 terjadi fenomena Super Blood Moon atau yang dikenal dengan gerhana bulan total. Fenomena alam langka ini hanya ratusan tahun sekali. Tapi durasinya itu memang singkat, Diketahui pada tahun 2021, akan ada dua kali gerhana bulan yang terjadi salah satunya gerhana malam tadi. Gerhana bulan yang terjadi semalam itu terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berbaris dengan sempurna. Fenomena ini terjadi saat bulan berada di posisi terdekat dengan bumi. Berikut beberapa fakta tentang gerhana bulan yang perlu kamu ketahui.

Fakta Gerhana Bulan Total Yang Perlu Kamu Ketahuigerhana bulan total

Berwarna Merah

Fenomena Super Blood Moon atau gerhana bulan total akan menghiasi langit dengan penampakan berwarna merah. Warna merah terjadi ketika bulan beranjak ke bagian paling luar dari bayangan bumi. Bulkan akan ditutupi bagian paling gelap dari bayangan itu, tampak diselimuti dengan cahaya berwarna jingga hingga merah darah. Tidak hanya warna merah, saat super blood moon itu terjadi, maka bulan akan berakhir berwarna merah.

Terjadi Hanya 195 Tahun Sekali

Super blood moon ini sangat istimewa lantara berbarengan dengan Hari Raya Waisak. Super Blood moon ini terjadi pada tanggal 26 mei 2021, kalio ini memang sangat langka lantaran garahan bulan hanya terjadi pada 195 tahun sekali. Menuurt Lmebaga Penerbanagan dan Antariksa Nasioanl (Lapam), Gerahan bulan ini terjadi beberapa kali saja dalam seabad terakhir yakni pada 24 Mei 1990, 14 Mei 1938, 14 Mei 1957, 25 Mei 1975, dan 16 Mei 2003. “Fenomena serupa akan kembali terjadi pada 26 Mei 2040, 7 Mei 2050, 6 Mei 2069, 17 Mei 2087, dan 29 Mei 2106,” kata Lapan seperti dikutip melalui situsnya.

Super Blood Moon Hanya 14 Menit

Gerhana bulan ini berlangsung secara singkat, yaitu hanya selama 14 menit 30 detik saja. Momen 14 menit 30 detik itu hanya terjadi 195 sekali. Kemungkinan besar kamu hanya akan menyaksikannya sekali dalam seumur hidup. Kecuali panjang umur. 

Aman Melihat Dengan Mata Telanjang

Banyak sekali mempertanyakan muncul apakah akan melihat fenomena Super Blood Moon atau gerhana bulan dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat khusus. BMKG pun menyatakan hal ini aman untuk dilakukan. “Gerhana bulan total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana,” demikian pernyataan BMKG dalam situs resminya, Jumat (21/5/2021).

Pengaruh Ketinggian Pasang Surut Laut

Fenomena gerhana bulan total ini mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut karena posisi bulan, Bumi dan matahari yang sejajar sehingga mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut yang lebih tinggi. Sehingga terjadi pasang air laut lebih tinggi. BMKG memperingatkan warga pesisir untuk mewaspadai terjadinya banjir Rob. 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Deretan Destinasi Epik Di Wina Untuk Para Fotografer

dailyxpressnews.com - Profesi fotografer ini merupakan hobi yang banyak diminati seseorang dan dituntut untuk mendapatkan gambar bagus. Tidak ada salahnya kalau Destinasi Epik di...

Lamaran Lesti Dan Billar Digelar Secara Mewah Hingga Mobil Plat Keren

Lamaran Lesti dan Billar nampak mewah di Bandung bahkan ada hadiah mobil milyaran yang hadir jelang lamaran. Acara lamaran diselenggarakan di Bandung tepatnya di...

5 Oleh Oleh Dari Wonosobo Terunik Dan Murah Yang Bisa Dicoba

dailyxpressnews.com - Wonosobo adalah kabupaten yang memiliki julukkan kota Bunga dan Wonosobo ini menjadi kabupaten di Jawa Tengah yang sangat populer dengan banyaknya destinasi...