5 Cara Cegah Alergi Pada Anak Sejak Dini Yang Mudah Dilakukan

dailyxpressnews.com – Dalam kondisi medis banyak sekali yang bisa menyebabkan anak-anak hingga orang dewasa mengalami reaksi yang beragam dan disebut sebagai alergi. Mulai dari sesak nafas, gatal-gatal yang pemicunya sangat banyak sekali. Solusinya lebih baik mencegah dibanding harus mengobati, terutama pada anak-anak. Banyak cara cegah alergi pada anak sejak dini yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

Memang pemicu alergi sangat banyak sekali mulai dari makanan, udara dingin, debu, bulu binatang dan lain-lain. Orang tua soal ini tidak boleh menyepelekan begitu saja, jangan sampai jika anak kalian terlebih dahulu terkena gejala alerginya baru panik dan kebingungan mencari obat. Tidak semua penyakit alergi bisa disembuhkan dengan obat-obatan dokter atau harus obat tertentu. Maka dari itu, sedialah payung sebelum hujan. Sebagai orang tua yang mencintai anaknya harus menerapkan beberapa langkah untuk mencegah terjadi alergi pada si kecil. Langsung saja cari tahu beberapa langkah tepat untuk kamu ikuti sebagai berikut.

Langkah Tepat Cegah Alergi Pada Anak Yang Wajib Kamu Ikuti

Orang tua mana yang tega melihat anaknya sendiri menderita gejala alergi? Semua orang tua sering sekali merasakan panik ketika anaknya sudah mengalami gejala alergi seperti batuk, sesak nafas dan gatal-gatal. Untuk itu kamu harus sigap sebagai orang tua yang bisa membawa anaknya langsung mendapatkan perawatan yang intensif. Buat kamu yang baru saja menjadi orang tua, kamu bisa menerapkan beberapa gaya hidup sehat sebagai pencegah anakmu nanti memiliki gejala alergi.

Pasti tidak enak memiliki alergi seperti itu, bakal ada pantangan dan batasan untuk mencegah timbulnya kembali alergi. Oleh karena itu, kamu harus bisa mencegahnya terlebih dahulu ketimbang harus mengobatinya. Karena  baiknya mencegah bukan sebelum kejadian? Pada dasarnya tidak akan menutupi kemungkinan kalau kamu sebagai orang tua memiliki alergi akan turun ke anaknya. Berikut ini merupakan cara mudah yang wajib kamu ikuti. 

  1. Berikan Asicegah alergi pada anak
    Asi yaitu Air susu ibu yang memiliki segudang manfaat untuk bayi, tak terkecuali dalam upaya sebagai cegah alergi pada anak. Sebuah laporan yang meneliti bahwa Asi merupakan sifat anti alergi yang mengandung Imunoglobulin yang mampu meningkatkan toleransi pada bayi terhadap zat  pemicu reaksi alergi.

  2. Asupan Makan Ibu Yang Berpengaruh Pada Asi
    Tidak mungkin kalau anak yang baru dilahirkan untuk mengkonsumsi asupan selain Asi, jika anak anda diberikan asi sejak lahir maka asupan baik pun harus dikonsumsi oleh ibu. Kandungan asi yang diterima oleh bayi akan berpengaruh dari asupan makanan ibu. Mengkonsumsi telur, susu, daging sapi, dan kacang-kacangan selama menyusui bisa meningkatkan resiko alergi pada bayi.
  3. Jauhkan Anak Dari Asap Rokok
    Alergi akan timbul dalam berbagai bentuk, seperti batuk, pilek, gatal dan sesak nafas. Penelitian menjelaskan pada tahun 2016 silam bahwa asap rokok merupakan peranan penting dalam memicunya reaksi alergi. Khususnya dalam bentuk sesak nafas yang akan dikenal sebagai asma. Anak yang menghirup asap tersebut akan  akan memiliki kadar Imunologi E dengan kadar yang tinggi dalam tubuh.

  4. Kurangi Konsumsi berlemak
    Makanan cepat saji akan menjadi kandungan asam lemak jenuh yang tinggi. Makanan cepat saji, daging merah dan susu berlemak merupakan makanan yang sering sekali dikonsumsi setiap hari. Hal tersebut merupakan salah satu faktor bagi anak untuk mengalami alergi, oleh karena itu mengurangi konsumsi makanan berlemak bisa menjadi salah satu pencegahan alergi yang baik untuk anak.
  5. Membersihkan Rumah Secara Rutin
    Paling utama sebetulnya untuk cegah alergi pada anak yaitu dengan membersihkan rumah secara rutin. Keterangan dari American Academy Of Allergy Asthma dan Imunologi. Paparannya tungau bisa menjadi paparan risiko anak bisa terkena alergi. Cara tepat untuk mencegahnya yaitu untuk mencuci seprai kasur, selimut, serta sarung dan membersihkan sisis rumah secara rutin juga diperlukan. Berharap cara  yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya alergi pada anak. Lakukan sejak dini pencegahannya, bila anak sudah mengalami gejalanya jangan patah semangat dan segera konsultasikan ke dokter spesialis atau rumah sakit terdekat. 

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...