5 Alasan Berat Badan Terus Bertambah Saat Sedang Puasa

dailyxpressnews.com – Di bulan Ramadhan ini, kamu pasti akan memanfaatkannya sebagai ajang untuk menurunkan berat badan sekaligus ibadah. Hal tersebut dikarenakan porsi makan yang bisa dikurangi dari biasanya, dimana biasanya 3 kali sehari ini hanya 2 kali sehari saat sahur dan berbuka puasa. Tetapi, bagaimana jika jadinya berat badan terus bertambah padahal sedang berpuasa? 

Ternyata ada hal yang bisa membuat berat badan kamu terus bertambah. Biasanya dikarenakan ada pola makan yang salah. Penjelasan dari ahli gizi sendiri pada dasarnya makan yang merupakan sumber energi dalam tubuh bertahan selama 6 sampai 8 jam, setelahnya tubuh akan mengambil dan memakai cadangan lemak dan otot. 

Siklus puasa tersebut seharusnya bisa membuat seseorang untuk mengalami penurunan berat badan. Sayangnya, orang yang berpuasa malah kalap dan kalori yang masuk melebihi kebutuhan tubuh yang bisa membuat kenaikan berat badan. Untuk lebih detail dan jelas lagi, langsung saja simak dari pembahasan berikut ini untuk mencari tahu alasan bb kamu naik saat sedang puasa. 

Ini Dia Alasan Kamu Saat Berpuasa Malah Berat Badan Terus BertambahBerat Badan Terus Bertambah

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula
    Bagaimana tidak? Berat badan terus bertambah dikarenakan pengkonsumsian kamu terhadap gula sangat berlebihan. Memang ada saran untuk mengawali buka dengan yang manis tetapi kalimat itu membuat banyak orang bahwa puasa lebih baik makan dan minum manis berlebihan. Tidak salah memang, karena makan dan minuman yang mengandung gula bisa membantu menaikkan kadar gula jika darah yang rentan turun ketika berpuasa.

    Akan tetapi melakukannya terus menerus selama bulan puasa sudah tentu tidak baik karena ada resiko besar untuk menggemukkan. Jika tujuan kamu untuk turunkan berat badan di bulan puasa ini, hindari makanan dan minuman manis saat berbuka. Minum air, teh ataupun kopi yang tanpa gula lebih baik.

  2. Langsung Tidur Setelah Sahur
    Setelah menyantap sahur, banyak orang yang memilih untuk melanjutkan tidur sebelum kembali untuk beraktivitas di pagi hari. Padahal, kebiasan ini bisa meningkatkan risiko naiknya berat badan. Sebab, tidur di bawah 2 jam setelah makan bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan dan itu terjadi pada saluran pencernaan yang belum sempat menggiling makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Akhirnya makanan tersebut tidak mampu untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuat penumpukkan lemak di tubuh saja.
  3. Kalap Saat Berbuka
    Saat berbuka puasa biasanya seseorang akan lapar mata dan membeli makanan yang diinginkan Akhirnya setelah buka tiba kamu tidak bisa menahan godaan dan menyantap semua makanan tersebut. Jenis makanan yang memiliki kandungan karbon serta kadar gula dan garam, yang tinggi kerap menjadi pilihan pertama saat berbuka puasa.

    Kemudian menyebabkan kenaikan berat badan selama bulan puasa. Gorengan, mie goreng, dan berbagai cemilan lainnya yang bisa membuat kamu kalap yang seharusnya sudah tidak kuat tetap kamu paksakan dan akhirnya akan berdampak buruk bagi tubuh saat bulan puasa.

  4. Tidak Olahraga
    Puasa sering membuat banyak orang merasa malas dan lemas karena tidak ada tenaga. Itu sering sekali dijadikan alasan dan tidak berolahraga pada akhirnya. Padahal hal itu dapat memicu terjadi kenaikan berat badan. Lebih lagu sebelumnya mengkonsumsi banyak makanan saat sahur. Kamu akan mengalami penumpukan lemak kemudian berat badan tentu saja akan bertambah.
  5. Kurang Tidur
    Alasan berat badan terus bertambah lantaran pola tidur kamu tidak baik. Selain pola makan, puasa juga merubah pola tidur kamu. Selama bulan puasa, seseorang harus bangun pada waktu dini hari dan tidak jarang orang kesulitan untuk tidur di waktu yang tepat. Seringnya tidur jam 12 malam bangun kembali jam 3 untuk sahur, jhl ini merupakan pola tidur yang fatal.

    Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada hormon yang berfungsi dan mengatur nafsu makan. Tubuh mungkin akan kesulitan untuk mengenal rasa kenyang, itu menybabakan orang tersebut. Menjadi sering ngemil hingga belum merasakan kenyang. Sudah jelaskan alasan diatas ini soal bertambahnya terus berat badan kamu itu sata berpuasa.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Lakukan Cara Ini Untuk Mengasah Kreativitas Anak

dailyxpressnews.com - Anak anak pada masa pertumbuhannya masih sangat aktif dan ingin mengetahui banyak hal yang ada di dekatnya. Oleh karena itu peran orang...

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

dailyxpressnews.com - Ada beberapa makanan untuk kolesterol tinggi yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya menurunkan kolesterol memang tidak mudah dan tidak selalu harus menggunakan...

Wisata Di Blitar Terpopuler, Ada Makam Bung Karno

dailyxpressnews.com - Sedang berkunjung ke Blitar? Jangan lupa mampir ke beberapa wisata di Blitar terpopuler, Blitar memang memiliki destinasi yang cukup lengkap. Mulai dari...