4 Cara Atasi Bayi Alami Penyakit Kuning Untuk Bunda

dailyxpressnews.com – Bayi alami penyakit kuning saat baru lahir biasanya memiliki tanda kulit menguning, bagian putih mata juga menguning dan kondisi ini bukan lah kondisi yang berbahaya. Kondisi ini bisa saja pulih kembali dalam hitungan 7 hari karena masuk dalam kategori ringan. Ada beberapa cara untuk orang tua yang panik saat anaknya ketika lahir alami penyakit kuning. Hal ini merupakan cara mengatasinya, daripada harus panik dahulu mending terapkan dahulu langkah atasi penyakitnya. 

Ternyata bayi yang baru lahir ketika alami penyakit kuning bukanlah penyakit liver atau yang sedang booming di luaran sana. Hal ini merupakan penumpukkan bilirubin dalam darah bayinya. Bilirubin sendiri merupakan zat kuning yang diproduksi didalam darah merah. Saat pecah oksigen akan terhantar keseluruh tubuh bayi. Kejadian ini bisa dibilang sebagai hal yang wajar karena banyaknya sering terjadinya penyakit kuning yang dialami bayi yang baru lahir. 

Bayi yang baru lahir memiliki hati yang belum berfungsi sempurna masih dianggap efektif dan mengeluarkan bilirubin dalam darah. Sekitar 2 mingguan organ tubuh bayi yaitu hati yang lebih efektif. Tetapi seringnya orang tua panik pun lantar kanatarab  ada kondisi ketika kondisi penyakit kuning pada bayi baru lahir bisa menjadi tanda bahaya dari komplikasi penyakit yang lebih serius. Hal ini sering terjadi jika penyakit kuning atau jaundice muncul segera setelah lahir (dalam 24 jam pertama). Orang tidak tidak boleh begitu saja panik saat melihat bayinya alami penyakit kuning. Berikut ini merupakan cara yang mudah untuk atasi penyakit kuning pada bayi. 

Langkah Atasi Bayi Alami Penyakit Kuning

Bayi Alami Penyakit Kuning

  1. Berikan Asi Yang Cukup

Cara pertama untuk bayi alami penyakit kuning bisa dengan pastikan kalau bayinya tidak dehidrasi. Biasanya bayi yang alami kuning seperti itu lantaran dehidrasi atau asi yang diterimanya tidak cukup. Jika Asi tercukupi maka kadar bilirubinnya akan pudar. Bilirubin akan diserap kembali kepada usul sehingga kadarnya tetap tinggi dan memicu menjadi kuning. Saat bayi sedang mengeluarkan poop pada awal kelahiran, kurangnya asupan ASI dapat disebabkan berikut:.

  • Kesulitan menyusui karena faktor sakit
  • Perlekatan yang tidak tepat
  • Terganggunya proses menyusui 
  • Saluran ASI tersumbat
  • Nyeri pada payudara

Hal ini merupakan kejadian yang wajar dan bukan kesalahan ibu-ibu. Perlu sekali adanya dukungan dan motivasi dari orang sekitar sehingga kondisi yang cukup sederhana dan tidak perlu berhenti untuk menyusui. 

2. Jemur Bayi

Terbukti kalau sinar matahari sangat efektif dalam membantu memecah bilirubin. Faktanya paparan sinar matahari selama satu jam dalam seminggu. Cara ini merupakan langkah tepat untuk terapi bayi. Tentu saja organ hati dalam proses jemur ini akan menjadi lebih mudah berfungsi. Buat kamu yang belum tahu tata caranya untuk menjemur bayi, langsung ikuti cara dibawah ini. 

  • Letakkan bayi di dalam keranjang bayi dengan alas selimut di dekat jendela
  • Pastikan bayi tidak terkena sinar matahari atau cahaya langsung 
  • Jemur bayi selama 10 menit sebanyak dua kali sehari. Kamu bisa melakukannya pada pagi dan sore hari
  • Kamu tetap bisa menjemur bayi meskipun cuaca sedang mendung, karena masih efektif dalam membantu proses ini

    3. Transfusi Tukar Darah

Transfusi merupakan cara bertukar, transfusi ini bisa segera menurunkan kadar bilrubin. Saat sel darah merah meningkat pada bayi yang baru lahir makan penyakit kuning akan sembuh. Langkah ini biasanya dilakukan ketika proses fototerapi dan tidak akan memberikan efek yang signifikan terhadap bayinya. Setelah beberapa jam melakukan transfusi darah maka bebroa jam setelahnya orang medis akan mengecek bilrubin pada bayi untuk kadarnya. 

4. Berikan Imunoglobulin

Berikan Suntikan IVIg yang diberikan kepada bayi alami penyakit kuning ketika baru lahir. Faktornya bisa saja ketidakcocokan resusitasi yang terjadi ketika ibunya jami dan bisa terpapar darah merah janin. Proses kelahiran bayi atau persalinan, akan mengalami pencampuran darah. Kemudian akan terjadi sensitivitas yang membuat produksi antibodi akan melawan Rh Asing. Tetapi, setelah dapatkan antibodi maka darah akan bersirkulasi dengan baik melalui plasenta.

Similar Articles

Comments

Most Popular

Resiko Ikut Campur Urusan Orang Lain, Ingat Aibmu!

Dailyxpressnews.com - Ibarat kata kalau kamu malah ikut campur urusan orang lain, seperti gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut di ujung sebrang...

Artis Cantik Hollywood Paling Tidak Suka Pakai Bra Saat Beraktivitas

Dailyxpressnews.com - Kemarin tanggal 13 oktober merupakan hari peringatan sehari tidak gunakan bra, dimana hal ini mengingatkan akan dampak negatif dan juga positif ketika...

Rekomendasi Fashion Pria Untuk Date, Pasti Bikin Doi Meleleh!

Dailyxpressnews.com - Ingin kencan bareng doi? Berikut ini rekomendasi fashion pria untuk date agar penampilanmu semakin terlihat kece. Dalam kencan pertama pastinya kamu ingin...